Sondag 07 April 2013

kehidupan nabi muhammad

MASA PERTAMA DALAM KEHIDUPAN NABI MUHAMMAD SAW
Nasab dari ayah : rosululloh bin abdulloh bin abdul muthalib bin hasyim bin abdi manaf bin qushaiy bin kilaab
Nasab dari ibu : roeululloh binti aminah binti wahab bin abdi manaf binti zuhroh bin kilaab
Nasab-nasab antara ayah dan ibu beliau bertemu di datuk beliau yang kelima (kilab). Ayah nabi muhammad SAW meninggal pada waktu beliau dalam kandungan ibunya umur ayah beliau 18 dikubur di madinah serta tidak meninggal harta sedikitpun untuk beliau.beliau dilahirkan dikota mekkah pada hari senin tanggal 12 robi’ul awal tahun gajah, tahun itu dinamakan tahun gajah karena pada tahun itu ada tentara gajah yang dipimpin oleh raja habasah untuk menghancur ka’bah tapi allah SWT membinasakannya untuk menghormati hari kelahiran beliau.beliau disusui oleh Tsuaibah Al-aslamiyah sesudah penyusuhan ibu beliau kemudian beliau disusui oleh Halimatussa’diyah sampai umur beliau empat tahun.
Ibu beliau meninggal dunia pada waktu beliau berumur enam tahun sekembali dari madinah,beliau bersama ibu,kakek,dan ummu aiman beliau pergi ke madinah untuk berziarah ke makam ayah beliau, ibu beliau di makamkan di desa abwa’ desa yang berada di antara mekkah dan madinah.yang mengurus nabi sesudah ibunya meninggal ialah kakek beliau yang bernama abdul muthalib, kakek beliau cinta kepada beliau lebih dari pada cintanya pada anaknya sendiri. Ketika umur nabi delapan tahun mennggallah kakek beliau sesudah dia mengasuh beliau selama dua tahun, sesudah kakek beliau meninggal, yang mengurus beliau ialah paman beliau yang bernama abu thalib, abu thalib aslinya orang miskin lalu meluaskan rizqinya. Pada waktu mengasuh nabi dia menjadi serba kecukupan dan tidak pernah kekurangan. Nabi ketika masih kecil suka menggembala kambing orang-orang mekkah dengan suatu upah yang beliau terima, Sampai umur sembilan tahun, beliau berlayar bersama paman beliau dengan membawa dagangan. Sasampai di kota bushroh, ada pendeta yang bernama buhaira melihat nabi lalu pendeta itu memberi tahu abu thalib bahwa beliau akan menjadi nabi yang terakhir di antara nabi-nabi, pendeta itu meminta kepada paman beliau untuk membawa pulang beliau , karena takut kepada musuh yang menanti-nanti beliau. Pendeta itu menetapkan kenabian beliau dari ciri-ciri yang terdapat di dalam kitab-kitab ahli kitab. Lalu paman beliau mematuhi kata pendeta tadi dan langsung pulang ke mekkah.
Nabi berlayar untuk yang kedua kalinya ke syam ketika berumur 25 tahun tapi kali ini beliau membawa dagangan khadijah. Khadijah adalah perempuan janda yang mulia dan yang kaya raya. Khadijah memilih beliau karena beliau orang yang amanat (dapat di percaya) dan beliau memiliki akhlak-akhlak yang mulia, beliau pergi ke syam di temani oleh maisaroh. Maisaroh bingung karena pada saat dalam perjalan mereka berdua tidak pernah kepanasan karena selalu diikuti mendung. Beliau berjualan di sana sampai dua bulan dan kembali mendapat untung yang sangat besar. Maisaroh pun menceritakan kejadian itu pada khodijah dan pada saat itu nabi menikah dengan khodijah ( yang meminang beliau adalah khodijah )pada saat itu khodijah berumur 40 tahun , sebelum menikah dengan nabi khodijah pernah menikah dengan halah dan mempunyai anak yang bernama halah. Khodijah menjadi isteri nabi selama 25 tahun dan tidak pernah nabi menikahi orang lain sehingga siti khodijah wafat. Waktu nabi berumur 35 tahun nabi berkumpul dengan orang quraiys untuk mendirikan ka’bah nabi muhammad SAW menolong mereka dalam mendirikan ka’bah, beliau mengangkat batu-batu bersama pemuka-pemuka quraiys dan juga dengan paman yang bernama abbas. Tapi antara pemuka-pemuka quraiys ada perselisihan untuk siapa yang menaruh batu Alhajarul-aswat di tempatnya, kemudian mereka sepakat untuk berdamai beliau pun memberi usulan pada pemuka-pemuka quraiys itu bahwa siapa orang yang masuk pertama kali ke masjidil haram itulah orang yang melletakkan hajar aswat di tempatnya akhirnya mereka setuju. Kaum quraiys pun mengintip masjid dan ternyata orang yang pertama kali masuk adalah nabi muhammad SAW , lalu kaum quraiys bergembira dan mereka berkata “kami ridla kepada orang keoercayaan ini” lalu nabi meletekkan batu itu diatas selendang dan beliau meminta pemuka-pemuka qurayis memegang ujung selendang dan mereka pun berjalan pergi ke tempat batu itu saat sampai nabi pun mengambil batu itu dan diletakkanlah batu itu pada tempatnya dengan tangan beliau sendiri. Nabi muhammad SAW itu orang yang termasyhur diantara kaum qurayis dengan sifat-sifatnya yang terpuji seperti:benar,amanah,sabar,malu,merendahkan diri,DLL,sehingga mereka gelarkan beliau AL-AMIN (yang artinya orang yang terpercaya, orang yang bersifat amanah. Pada waktu itu beliau sangat dihormati oleh keluarga dan kaum qurayis, karena allah telah menjaga beliau dari perbuatan tercela semenjak masa kecilnya, beliau tidak pernah minum arak dan menyembah berhala.
Sebelum menjadi nabi,allah telah muliakan beliau dengan beberapa mu’jizat yang menunjukkan masa kebesaran di masa hadapannya;dari antara mu’jizat mu’jizat itu nabi pernah di ikuti mendung pada waktu berlayar yang kedua ke negeri syam.
untuk lebih ringkas nya lihat videonya di link berikut

1 opmerking:

  1. Bukankah semasa pergi syam uat pertama kali nabi Muhammad SAW berumur 12 tahun,bukan 9tahun?

    AntwoordVee uit